Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020

Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), dan mengatasi persoalan kemiskinan di pedesaan, akan menjadi prioritas penggunaan dana desa pada tahun 2020. Prioritas penggunaan dana desa tahun 2020 diatur Kementrian Desa PDTT dengan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Permendesa PDTT Nomor 11 tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2020.

Dana Desa adalah dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang diperuntukkan bagi Desa yang ditransfer melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah kabupaten/kota dan digunakan untuk mendanai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat.
Pembangunan Desa adalah upaya peningkatan kualitas hidup dan kehidupan untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Desa. Pemberdayaan Masyarakat Desa adalah upaya mengembangkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan, perilaku, kemampuan, kesadaran, serta memanfaatkan sumber daya melalui penetapan kebijakan, program, kegiatan, dan pendampingan yang sesuai dengan esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat Desa.
Ada 3 tujuan penting mengapa prioritas penggunaan Dana Desa ini diatur :
  1. Sebagai acuan Pemerintah, Pemerintah Derah Provinsi, dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dalam pemantauan, evaluasi, pendampingan masyarakat Desa, pembinaan dan fasilitas prioritas penggunaan Dana Desa.
  2. Sebagai acuan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dan Pemerintah Desa dalam memfasilitasi penyelenggaraan Kewenangan Desa berdasarkan Hak Asal Usul dan Kewenangan Lokal Berskala Desa, dan
  3. Sebagai acuan Pemerintah Desa dalam menetapkan prioritas penggunaan Dana Desa dalam kegiatan perencanaan dan pembangunan Desa.

Prioritas Penggunaan Dana Desa
(1) Penggunaan Dana Desa diprioritaskan untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan di bidang Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.
(2) Prioritas penggunaan Dana Desa sebagaimana dimaksud harus memberikan manfaat sebesarbesarnya bagi masyarakat Desa berupa:
a. peningkatan kualitas hidup;
b. peningkatan kesejahteraan;
c. penanggulangan kemiskinan; dan
d. peningkatan pelayanan publik.
Berikut Permendesa PDTT Nomor 11 tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2020.

Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020 2021, seleksi kepala dusun Dokumentasi Kegiatan 2021, 03 Maret 2021, seleksi kepala dusunseleksi kepala dusun Desa Mekarsari, Cimerak 2021, seleksi kepala dusun Desa Mekarsari, Pangandaran 2021, seleksi kepala dusunseleksi kepala dusun Pemerintah Desa Mekarsari, Cimerak 2021, Pembanguan Desa, Pembinaan & Pelatihan, Peraturan Desa, Wisata, Video, Laporan, KEUANGAN DESA, INFORMASI, LKPJ, PILKADES 2019,
Mekarsari.Info - Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020 by Desa Mekarsari, Cimerak has post 81 posts. Bookmark: http://www.mekarsari.info/2021/02/prioritas-penggunaan-dana-desa-tahun-2020.html

Tags: BERITA KEUANGAN DESA

Posting Terkait "Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020"

Kekeringan Melanda Desa Mekarsari, Warga Mulai Menggunakan Air Sungai
Desa Mekarsari Kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran mengalami
Update Siskeudes Versi 2.0.0 ke Siskeudes Versi 2.0.2
Catatan Rilis  Siskeudes V2.0 R2.0.1 1. Dirilis
Panitia Pilkades Mekarsari Gelar Sosialasi Pilkades di Dusun Purwosari
Tahapan pertama pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades)
Desa Mekarsari Ikuti Silaturahmi PPDI Kecamatan Cimerak di Desa Kertamukti
PPDI Kecamatan Cimerak adakan silaturahmi memperingati HUT

Tinggalkan Balasan

Baca Juga×